Most Popular

Saturday 28 November 2015

Teknik membuat Patung

Teknik Membuat Patung

Seni Patung adalah  cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud 3 dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting ( dengan cetakan).
 
Ada beberapa teknik untuk membuat patung, di antaranya :
 
1. Teknik Pahat atau Ukir
Teknik Pahat atau Ukir yaitu teknik membuat patung dengan bermedia bahan benda keras  seperti  kayu,batu,es batu balok,perak.
Pada cara ini dibutuhkan alat perangkat keras seperti  gergaji,pahat,palu ,dan lainnya.
Dan membutuhkan bahan – bahan seperti, balok es, batu, kayu, gading, tulang, tanduk dan lainnya.
 
2. Teknik Butsir
Teknik butsir adalah teknik membuat patung dengan menggunakan bahan lunak (tanah liat, bubur kertas, malam butsir, dll). Bahan tersebut bersifat plastis (mudah dibentuk sesuai keinginan) Sedangkan bahan yang dapat dipakai dalam teknik ini antara lain tanah liat, plastisin, bubur kertas dan sejenisnya.
Untuk membuat patung dengan Teknik butsir, membutuhkan alat – alat sebagai berikut : sudip ,pisau, tali pemotong, rol penggilas serta pahat pendukung lainnya.
Bahan untuk membuat patung dengan teknik butsir adalah tanah liat, semen, plastisin, lilin, bubur kertas, sabun, dan gips.
 
3. Teknik Cor
Teknik cor adalah membuat patung dengan cara mencairkan bahan, kemudian dituangkan ke dalam alat cetak dan ditunggu sampai mengeras kembali.
Bahan bahan teknik cor antara lain semen dan pasir, besi yang di lelehkan, perunggu, kuningan, emas, perak, tembaga, dan bahan bahan lainnya. Sedangkan alatnya yaitu cetakan.
 
Sumber :
http://abdulintan.blogspot.co.id/2013/02/proses-pembuatan-karya-seni-patung.html 

No comments:

Post a Comment